Diagnosis PC

Seorang pasien yang sedang sakit, kemudian dia pergi ke puskesmas dan mengeluhkan sakit yang dideritanya kepada sang dokter, sehingga dokter mempunyai kesimpulan dari diagnosis tersebut yang seterusnya akan diberikan solusi berupa obat, saran dan masukan untuk si pasien supaya cepat sembuh.jadi Diagnosis PC adalah suatu analisa terhadap permasalahan yang muncul pada computer (troubleshooting) yang selanjutnya menjadi suatu kesimpulan untuk mendapatkan solusi terbaik.
Di dalam diagnosis personal computer (PC) ada beberapa hal yang harus kita perhatikan yaitu diantaranya, harus mengetahui spesifikasi hardware personal computer, peripheral hardware apa saja yang terinstall (terpasang) pada PC tersebut, dan system operasi apa yang kita gunakan serta aplikasi apa saja yang ada di dalam system operasi tersebut.
Ada 3 hal yang dapat mendiagnosa keadaan computer yaitu diantaranya adalah ;
1.       Hardware    : perangkat keras akan mendeteksi computer, baik dalam keadaan normal maupun dalam keadaan tidak normal / terjadi kerusakan. Sehingga hardware computer akan memberikan tanda untuk menginformasikan keadaan computer dan peripheralnya.
2.       Software     : perangkat lunak ini akan memberikan informasi keadaan suatu komputer, khususnya dari system operasi yang ada dan sekaligus berfungsi sebagai jembatan antara brainware dan hardware untuk diperbaikai kesalahan / kerusakan yang ada.
3.       Brainware   : user / pengguna yang akan mendeteksi keadaan dari kerusakan suatu perangkat keras maupun perangkat lunak computer, dengan memperhatikan informasi dari hardware dan software.

Adapun keadaan kerusakan di dalam personal computer disebabkan oleh dua hal yaitu diantaranya ;

1.       Hardware    : kerusakan – kerusakan pada perangkat keras ini dapat langsung dirasakan oleh user ketika menggunakan computer.contoh kerusakan / troubleshoot PC yang sering muncul adalah : Harddisk, RAM, ROM, CMOS, CPU, VGA Card, Lan Card, Keyboard, Mouse, CD-ROM dsb.
2.       Software     : kerusakan – kerusakan pada jenis software ini tergantung dari system operasi yang digunakan dan aplikasi yang terinstall didalam computer. Adapun contoh dari kerusakan software yang ditimbulkan adalah virus, Trojan, spam, tidak sempurna installasi driver maupun installasi aplikasi tambahan.